Kamis, 02 Februari 2017

PERENCANAAN PROSES PRODUKSI BARANG DAN JASA



PERENCANAAN PROSES PRODUKSI BARANG DAN JASA





A.    Produk barang dan jasa
·         Produksi
Produksi adalah kegiatan yg dpt menimbulkan tambahan manfaat/ faedah baru.
Manfaat/ faedah baru terdiri dari:
1.      Form utility: suatu produk akan lebih berguna bila mengalami perubahan bentuk. Contohnya kayu akan lebih berguna jika di ubah bentuk menjadi meja, kursi dan almari.
2.      Place utility: suatu produk akan lebih berguna bila mengalami perpindahan tempat. Contohnya hasil pertaniaan akan lebih berguna jika di bawa ke perkotaan
3.      Time utility: suatu produk akan lebih berguna bila terjadi pergantian waktu. Contohnya jas hujan akan lebih berguna jika di pakai pada musim hujan.
·         Produk
Ada 2 jenis karakter  produk yaitu:
1.      Produk tangible (berwujud): produk yg bisa dilihat dan disentuh untuk ditawarkan kepada calon pelanggan, berupa barang (goods)
2.      Produk intangible (tidak berwujud): produk yg tidak bisa dilihat dan tidak bisa disentuh saat anda menawarkan kepada calon pelanggan, berupa jasa (service)
o   Jenis barang berdasarkan 7an pemakaian terdiri atas:
1.      barang kebutuhan sehari-hari: barang yg sering dibeli oleh pelanggan, mudah diperoleh, dan tidak memerlukan pemikiran panjang untuk membelinya. Contohnya sabun mandi dan pasta gigi.
2.      barang belanja (shopping product), yaitu produk yang termasuk kebutuhan sekunder, sehingga jarang dibeli dan untuk membelinya memerlukan pertimbangan masak-masak dengan memperhatikan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk itu seperti kualitas, harga, produk tersebut. Contohnya pembelian perabotan rumah tangga, pakaian, dan mobil
3.      barang khusus (specialty product), yaitu produk yang sangat spesifik, untuk membelinya memerlukan pengorbanan yang lebih besar. Contohnya pembelian mobil dengan merek dan tipe tertentu, pembelian peralatan fotografi mahal, dan pembelian baju-baju buatan desainer.
o   Macam-macam barang berdasarkan tipe konsumen yang menggunakannya:
1.      barang konsumen: barang atau jasa yg bisa langsung dinikmati oleh konsumen, tanpa harus diolah lagi
2.      barang industri: Produk yg dibeli oleh suatu industri untuk diproses lebih lanjut/ untuk digunakan dalam menjalankan suatu bisnis



  Jasa
Jasa adalah hasil dari kegiatan produksi yang tidak mempunyai wujud tertentu serta tidak mempunyai sifat-sifat fisik tertentu.
o   Ciri-ciri jasa antara lain:
    1. tak berwujud: jasa yang sifatnya tidak berwujud, tidak bisa dilihat n diraba sebelum dibeli. Oleh karena itu, untuk mengetahui kualitas dari jasa yang akan dibeli, konsumen harus mencari informasi. Contohnya ketika seseorang menggunakan jasa maskapai penerbangan, dia harus mengetahui harga, popularitas dan kelengkapan yang dimiliki, selanjutnya diputuskan akan menggunakan jasa maskapai itu atau tidak
    2. berubah-ubah: kualitas jasa berbeda-beda tergantung dari siapa yang menyediakan jasa, kapan, dimana dan bagaimana jasa itu disediakan
    3. tidak dapat dipisahkan: jasa tidak bisa dipisahkan hubungan antara produsen kan konsumen. Contoh karyawan hotel sebagai penyedia jasa tidak dapat dipisahkan dengan tamu hotel sebagai pengguna jasa. Hubungan antara penyedia dan pelanggan jasa saling memengaruhi hasil dari sebuah jasa.
    4. dapat musnah: jasa tidak dapat disimpan untuk dijual kembali di lain waktu. Contohnya kursi yg tidak laku di pesawat terbang tidak bisa dijual pada penerbangan berikutnya, jadi kursi itu kosong.



·         Kualitas produk
Perusahaan akan menawarkan tingkat sesuai kebutuhan pasar produk pesaing. Di samping menetapkan tingkat kualitas produk, sebuah perusahaan jg harus konsisten dalam menjaga kualitas produknya agar pelanggan tidak kecewa thd produk yg dibeli
            Hal2 yg harus diperbandingkan dan diketahui, antara lain:
1.      Kualitas produk anda dg kualitas produk pesaing
2.      Harga produk anda dg harga produk pesaing
3.      Kelemahan produk anda dg kelemahan produk pesaing
4.      Pangsa pasar produk anda dg pangsa pasar produk pesaing

B.     Perencanaan Proses Produksi Barang dan Jasa
Perencanaan proses produksi barang dan jasa adalah perencanaan mengenai pembuatanbarang/ jasa dan berapa jumlah yg segera diproduksi pada periode yg akan datang.
·         Faktor yg mempengaruhi perencanaan proses produksi barang dan jasa:
1.      manfaat produk bagi konsumen
2.      permintaan produk thd produk
3.      keuntungan dari penjualan produk
4.      fasilitas operasi proses produk
5.      kekuatan pesaing
6.      kemampuan distribusi
7.      pengembangan produk pd masa akan datang

·         Faktor yg mempengaruhi dalam penetapan skala proses produksi barang dan jasa:
1.      sifat proses produksi
a.       proses produksi yg terus-menerus: penetapan skala proses produksi dilakukan untuk memenuhi pasar dan dalam jumlah produksi yg besar.
b.      proses produksi yg terputus-putus: penetapan skala proses produksi dilakukan atas dasar jumlah pesanan produk yg diterima perusahaan dan dan dalam jumlah produksi yg sedikit.
2.      jenis dan mutu produk yg akan diproduksi
a.       barang tahan lama
b.      barang tidak tahan lama

C.    Biaya Produksi
Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis yg diukur dalam satuan uang yg sudah terjadi maupun biaya yg akan terjadi untuk mencapai 7an.
·         Klasifikasi biaya
1.      biaya produksi: biaya yg berhubungan dg proses produksi
cth: biaya bahan baku n pembantu, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik
2.      biaya non produksi: biaya yg tidak berhubungan dg proses produksi
cth: biaya pemasaran, biaya adm, biaya keuangan
3.      biaya variabel (VC): biaya yg berubah sesuai dg perubahan volume
4.      biaya tetap(FC): biaya yg tetap meskipun perubahan volume
·         HPP

D.    Persediaan produk
Kekurangan dan kelebihan bahan baku juga akan menimbulkan biaya dan akan mempengaruhi proses produksi. Untuk itu perlu, persediaan dikelola dan diatur dg baik.
Tujuan pengelolaan persediaan produk adalah menyediakan bahan baku yg diperlukan dalam proses produksi agar dpt berjalan dg lancar tanpa terjadi kekurangan/ kelebihan persediaan shg biaya persediaan bisa ditekan seminimal mungkin
·         Biaya yg timbul karena pengelolaan persediaan produk:
1.      biaya penyimpanan produk
2.      biaya modal usaha
3.      pajak n asuransi
4.      penyusutan produk

  Perhitungan jumlah persediaan produk
Salah satu cara untuk menghitung jumlah persediaan minimal adalah menggunakan  metode Economic Order Quantity (EOQ). Bertujuan untuk menentukan jumlah persediaan brg sebenarnya yg harus dipesan dan di simpan pd tiap pemesanan agar biaya simpan n pesan minimal. EOQ  dirumuskan sbg:

Ket: Q   :   jumlah pemesanan minimal tiap kali pemesanan
        R   :   kebutuhan bahan baku selama setahun
        O   :   biaya pesan untuk tipa pemesanan (bisa dihitung dari biaya transportasi, biaya angkut dibagi dg jumlah pesanan)
        C   :   biaya simpan per satuan unit dalam satuan waktu tertentu (bisa dihitung dari biaya bunga dalam satu tahun dibagi dg jumlah produksi selama satu tahun



2 komentar:

  1. Terimakasih untuk sharing Artikelnya, sangat bermanfaat.
    Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Profesional di Jakarta untuk berbagai event bisa coba menghubungi kami arthur teknik.

    Info lebih lanjut bisa kunjungi web kami di : http://arthurteknik.com

    BalasHapus